Minggu, 07 November 2010

Peluang Usaha : Bisnis Budidaya Gurami

Peluang Usaha Budidaya Gurami sampai saat ini masih tergolong bisnis yang sangat menguntungkan.Gurami, Jenis Ikan dengan Metode Pemeliharaan yang Mudah dan Menggunakan Jenis Pakan Hijauan yang Tersedia di Lingkungan Sekitar.

Gurami merupakan ikan yang memiliki pertumbuhan agak lambat namun harganya relatif meningkat setiap saat. Di Banjar, seluruh kelompok tani SPFS membudidayakan ikan gurami karena potensi pasar yang sangat baik. Diketahui bahwa budidaya ikan sebagai salah satu pilihan dalam usaha divesifikasi pangan di desa, sering terhalang oleh tingginya biaya produksi, dimana 70 – 80% di antaranya disebabkan oleh tingginya harga pakan ikan. Suatu kelebihan dari budidaya gurami adalah selain metode pemeliharaannya yang mudah, jenis pakan gurami yang berupa hijauan sederhana tersedia di lingkungan sekitar akan dapat menekan biaya produksi ini secara sangat signifikan.

Gurami salah satu jenis ikan konsumsi yang sangat popular di Indonesia, daging yang tebal dan gurih dan metode pemeliharaan yang relatif mudah membuat ikan gurami banyak dibudidayakan di Indonesia, sebagai salah satu alternatif sumber protein yang sangat sehat.

Sebagaimana halnya pemeliharaan ternak yang lainnya, maka beban pakan ikan pada arus kas mencapai lebih kurang 70 – 80 % dari keseluruhan total biaya, tetapi salah satu kelebihan dari ikan gurami adalah kemampuannya untuk mengolah bahan pakan hijauan sederhana menjadi protein dengan mutu yang baik.

Secara tradisional gurami dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu :
1.       Gurami Angsa : Bersisik lebar, warna putih keabuan, pertumbuhan sangat cepat, panjang badan maksimal 65 cm, berat badan mencapai 6-12 kg., jumlah telur sangat banyak (Lebih dari 10.000 per sarang).
2.       Gurami Jepang : Panjang maksimal 45 cm, berat maksimal 3,5 kg, warna abu-abu kemerahan
3.       Gurami Blue-Saphire : Warna merah muda, berat indukan 2 kg, jumlah telur 5.000-7.000 butir per sarang.
4.       Gurami Paris : Warna merah muda cerah, sisik halus, kepala putih dengan bintik-bintik hitam, berat indukan 1,5 kg, jumlah telur 5.000-6.000 butir per sarang.
5.       Gurami Porselin : Warna merah muda cerah, ukuran kepala relatif kecil, jumlah telur 10.000 butir per sarang, berat indukan 1,5 -2 kg.
6.       Gurami Bastar : Sisik besar, warna kehitaman, kepala berwarna putih polos, jumlah telur 2.000-3.000 butir per sarang.

Selanjutnya varietas ikan gurami yang biasa di budidayakan petani SPFS di Banjar sebagai ikan konsumsi adalah :
7.       Gurami Kapas : Warna perak kehitaman, sisik kasar, pertumbuhan cepat.. Produksi telur sekitar 3.000 butir sekali pijah. Dikenal sebagai jenis ikan gurami terbaik dalam budidaya.
8.       Gurami Batu : Warna hitam merata, sisik kasar, pertumbuhan lambat.
Benih gurami yang ditebar pada kolam pembesaran biasanya berukuran panjang 10-15 cm.

Pakan hijauan untuk gurami
Pemberian pakan bagi ikan gurami mencapai 10 % dari berat badan total per hari dengan komposisi 1 % pellet dan 9 % pakan hijauan, sedangkan berbagai macam pakan hijauan yang dapat diberikan kepada ikan gurami diantaranya adalah 

1. Daun Pepaya
2. Daun keladi
3. Daun Ketela Pohong
4. Daun Ubi Jalar
5. Daun Ketimun 
6. Daun Labu
7. Daun kangkung
Metoda Pemberian Pakan.
Pemberian pakan hijauan dapat dibagi menjadi 2 atau 3 kali per hari, dengan jumlah 9 % dari perkiraan total berat badan ikan.  Perlu dilakukan penimbangan contoh berat badan ikan 2 minggu sekali untuk dapat menentukan jumlah pakan yang tepat bagi ikan gurami.

Pada dasarnya tidak ada perlakuan khusus dalam pemberian pakan hijauan, dapat langsung diberikan dalam keadaan segar dan untuk tanaman dengan daun yang lebar seperti  daun keladi (Colocasia esculenta) lebih baik dipotong-potong dulu agar distribusi pakan dapat lebih merata 

Agar pakan hijauan ikan lebih terkontrol dengan baik dan menjaga kebersihan kolam, perlu di buat tempat pakan ikan yang terbuat dari bambu.

Kesimpulan Peluang Usaha Bududaya Girami :
Seiring dengan menjamurnya pusat-pusat kuliner di kota-kota besar, permintaan terhadap pasokan ikan gurami kian meningkat. Itulah sebabnya budidaya gurami kini banyak dilirik oleh para petani modern. Selain pasarnya sangat prospektif, harganya cukup menggiurkan, juga karena ada pilihan-pilihan fase yang sama-sama memberi keuntungan yang menggiurkan. Baik fase peneluran, pembibitan, pendederan, pembesaran, maupun perdagangannya.

Bagaimana, apa anda tertarik berbisnis  Budidaya gurami ?? 
Mungkin artikel yang saya sajikan Perihal Peluang Usaha Budidaya Gurami ini kurang lengkap.
Bagi anda yang banyak mengetahui perihal Peluang Usaha yang satu ini,kami sangat berterima kasih jika anda mau berbagi pengalaman melalui kotak komentar yang kami sediakan.

Semoga artikel Peluang Usaha Budidaya Gurami ini bermanfaat.
Terima kasih.

Baca Juga artikel Peluang Usaha yang lain :

1 komentar:

bramasta_09 mengatakan...

UD. NABILA FARM

Kami petani ikan gurami dari Sleman-Yogyakarta yang sudah berpengalaman. Kami menjual bibit gurameh berbagai ukuran. Melayani pengiriman keluar kota dan luar pulau. Alamat : Jl. Kaliurang Km 13,5 Sleman-Yogyakarta.
Bibit gurami yang kami hasilkan adalah bibit gurami berkualitas, telah terbukti dengan penanganan yang baik dan benar bibit gurami hasil dari produksi kami dapat berkembang dengan baik dan cepat pertumbuhannya. Berikut kami informasikan data dari tempat usaha pembibitan kami :
Komoditas : Gurami Soang, Jepun dan Albino
Sistem : Intensif.
Pemijahan : Alami.
Sumber air : Air tenang / sumur.
Kolam : Terpal/Tembok (kedalaman air 20-60cm)
Pakan : Cacing sutra, pellet D0, 781-1
Pengangkutan : Dikemas dalam kotak styrofoam penahan panas, tahan sampai 17 jam.
Kota tujuan : Seluruh Indonesia.
Kapasitas pengiriman :
UKURAN : KAPASITAS / ekor / BOX
Telur : 50.000
2-3 : 6.000
3-4 : 5.500
3-5 : 5.000
4-6 : 4.000
5-7 : 3.000
Jempol : 1.250
Untuk informasi harga murah berkualitas silahkan contak person Andy 085753563403 / 081227354545, kunjungi blog kami di www.gbenih.blogspot.com atau datang langsung ke lokasi pembibitan kami di Jl.Kaliurang Km 13,5 Sleman (10 meter selatan Honda AHASS)
Datang….Lihat dan tentukan keputusan yang terbaik bagi anda…..

Posting Komentar

 
Free Web Hosting