Sabtu, 06 November 2010

Peluang Usaha : Bisnis Pembesaran Lobster Air

Peluang Usaha Pembesaran Lobster Air Laut di Kolam .
Peluang usaha ini di latar belakangi masih tingginya permintaan akan lobster laut baik permintaan lokal atau export ( jepang dan cina ) . Yang kedua biasanya banyak lobster kecil ( anakan ) yang tersangkut di jaring nelayan , sayangnya ketika sampai di tangan pengepul dihargai sangat murah .

Dari tangan nelayan lobster kecil jenis Mutiara , Pasir , Bambu / batik maupun batu dan pakistan seberat kurang dari 0.5 ons harganya Rp 30.000 / Kg . Padahal kalu mau menunggu sampai si lobster Mutiara dan lobster pasir berukuran 1 s/d 2 ons oleh exportir bisa dihargai 405.000 / kg . Bukankah harga yang berlipat ?

Menurut Handoko Yudha , bapak yang mempelajari usaha ini . Untuk proses pembesaran lobster hingga bobot 1 s/d 2 ons perlu waktu sekitar 6 Bulan . Karena harga yg berlipat akhirnya handoko menampung lobster kecil dari nelayan pangandaran , gombong dan pelabuhan ratu . Kemudian di besarkan di kolamnya di kebayoran lama , jaksel .

Sepuluh kolam dia punya dilengkapi installasi arus air laut dan onsigen agar mirip dengan habitat laut . Untuk mengisi kolan dia membeli air laut Rp 400.000 per 5 m persegi . Untuk makanan diberikan cacahan ruca – ruca yaitu ikan yg tak terjual di tempat pelelangan . Harganya Rp 2000 / kg . Pemberian makan 3 kali sehari : pagi , siang dan sore . Pemberian makan perlu di kontrol jangan sampai pakan banyak tersisa dikolam karena akan menjadi racun .

PEMASARAN

Karena belum bisa export sendiri maka penjualan lewat rekanan exportir . Bagi yang mau terjun di usaha ini perlu mengetahui standart lobster untuk export . Misal jangan sampe kaki lobster putus 3 berderet , biasanya tidak laku di export . Harga lobster sangat fluktuatif , setiap 2 – 3 hari pasti berubah dengan turun / naik sekitar 10 – 20 % . Makanya nunggu harga bagus untuk menjual .

Harga naik bisanya menjelang tahun baru , lebaran , natal dan imlek . Berikut perbandingan harga :

Ukuran Lobster Harga Normal / Kg Harga Hari Raya / Kg



Kurang dari 0.5 ons Rp.30.000



Lobster Mutiara 1 – 2 ons Rp. 365.000 Rp. 500.000 –600.000



Lobster Pasir 1 -2 ons Rp. 405.000 Rp. 500.000 – 600.000

TIPS Teknis Budidaya

1. Bibit Harus Di karantina dulu
Anakan lobster yang di beli dari nelayan biasanya mengalami stress bila di bawa dalam perjalanan jarak jauh sampai di kolamnya . Tingkat kematian bisa 50 % . Itulah sebabnya lobster harus dikarantina dahulu . Seminggu lobter di karantina dan kemudia baru bisa dibawa ke jakarta ( kolam pembesarannya ) . Dengan karantina dulu maka tingkat kematian hanya sekitar 5% . Dengan biaya karantina maka bisa dihitung harga lobster menjadi 150.000 – 200.000 / kg

2. Perhatikan Volume Air , Garam dan Oksigen
Untuk menjaga kelangsungan hidup lobster laut di kolam pembesaran . perlu di perhatikan beberapa Hal :
  • Ketinggian air kolam sekitar 40 cm – 2 M . Idealnya 1 m2 diisi sekitar 30 ekor lobster .
  • Kadar garan dalam air dijaga antara 1.028 – 1.032 . Gunakan digital salt meter untuk pengecekan .
  • Sebarkan pecahan kerikil atau kerang didasar kolam agar lobster nyaman seperti dihabitat aslinya suka sembunyi di karang.
  • Jaga kecukupan oksigen dalam air dengan aerator . Bila perlu siapkan cadangan generator bila listrik PLN padam .
Semoga artikel Peluang Usaha atau Peluang Bisnis ini bisa sangat membantu dalam niat kita semua untuk memperbaiki kulitas kehidupan.

1 komentar:

fidel mengatakan...

1)bagaimana cara kita bibit dari awal nya induk sampai menetas?
2)bagaimana cara kita untuk menetaskan lobster air laut?kalu dari induk ?

Posting Komentar

 
Free Web Hosting